Pertarungan politik atau pendidikan politik, penting mana?

Pertarungan politik atau pendidikan politik, penting mana?

Sisipagi.com – Tulisan ini sedikit memantik nalar sehat bagi sebagian anak muda. Bahwa manakah yang lebih penting? Tentang pertarungan politik atau pendidikan politik itu sendiri.

Menjadi hangat untuk diuraikan dikarenakan kita dihadapkan dua hal sekaligus sebagai anak muda. Pertama, pertarungan politik sudah terjadi di depan mata dengan adanya pemilu mendatang 2024. Kedua, penting bagi anak muda memahami landasan berpikir dan kerja politik untuk itu pendidikan politik jadi penting.

Pentingnya Pendidikan Politik: Memahami Esensi Politik dan Mewarisi Semangat Perjuangan Founding Fathers

Dengan adanya pendidikan kita lebih memahami bahwa politik ternyata adalah tentang pengaruh, bahwa demokrasi adalah keterbukaan dan perubahan tanpa batas, memahami bahwa kepentingan dan kekuasaan perlu dibatasi bahkan perlu dipukul untuk mematikannya jika sudah abuse of power karena kekuasaan sudah disalah gunakan hanya untuk kepentingan pribadi bahkan negara jadi jembatan dinasti kekayaannya semata sang pemegang kekuasaan.

Mengapa melek dan memahami arti politik bahkan pendidikan politik itu teramat penting. Hal ini dikarenakan politik itu tidak hanya tentang pemilu dan pilpres yang berlangsung. Lebih luas dari sekedar kepentingan praktis, demi kepentingan jangka panjang.

Kemerdekaan Republik Indonesia adalah hasil olah politik dan pemikiran penuh gagasan sekaligus tujuan kemerdekaan. Dari 1928 anak-anak mudanya berpolitik, diinspirasi oleh banyak tokoh misalnya ada HOS Tjokroaminoto, Ahmad Dahlan dan Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari dan banyak tokoh lainnya. Hingga lahirlah Bung Karno, Hatta, Syharir, Kiai Agus Salim, Wahid Hasyim dan banyak tokoh kemerdekaan lainnya yang mencapai momen kemerdekaan pada 1945.

Cita-cita dan semangat juang bapak bangsa atau founding fathers di atas patut dijadikan sebagai warisan berharga untuk anak muda yang melek politik baik sebagai partisipan atau pun simpatisan. Betapa politik itu adalah perjuangan bukan lahan untuk menjadi tamak yang syarat akan kepentingan pribadi.

Peran Vital Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik

Sebuah jurnal berjudul The Role of Political Parties In Conducting Political Education bahwa, “dalam negara yang sudah merdeka, pendidikan politik harus tetap dilakukan agar kemerdekaan bangsa dan negara tidak hilang atau dijajah kembali dalam bentuk penjajahan yang lebih halus.” Inilah mengapa pendidikan politik perlu dilangsungkan.

Melalui pendidikan politik, generasi muda diberikan pemahaman yang mendalam mengenai prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, serta tata kelola pemerintahan yang baik. Mereka diajak untuk memahami bahwa politik bukanlah lahan untuk kepentingan pribadi semata, tetapi sebuah panggung di mana kepentingan bersama dan keadilan harus diperjuangkan. Pendidikan politik juga memainkan peran kunci dalam membentuk kritisitas dan pemikiran analitis generasi muda terhadap berbagai isu politik yang kompleks.

Pertarungan politik atau pendidikan politik, penting mana?
Diskusi Anak Muda Menjelang Pemilu

Dengan memahami bahwa pendidikan politik adalah investasi untuk melindungi dan memperkuat kemerdekaan, generasi muda diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab. Mereka bukan hanya sebagai partisipan aktif dalam proses politik, tetapi juga sebagai warga negara yang kritis dan cerdas dalam menyikapi dinamika politik. Sebagai penulis tema politik yang profesional, melibatkan diri dalam menyebarkan nilai-nilai pendidikan politik adalah kontribusi yang signifikan untuk menciptakan masyarakat yang lebih cerdas, partisipatif, dan bertanggung jawab secara politik.

Sebuah kesimpulan: pertarungan politik atau pendidikan politik, penting mana?

Namun satu hal yang perlu dipahami juga bahwa partisipasi politik dalam pertarungan politik juga penting adanya. Semakin tinggi angka yang berpartisipasi maka demokrasi bangsa kita terbilang sehat. Memilih berdemokrasi adalah sistem yang disepakati oleh sebagian besar negara-negara sebagai salah satu cara untuk menjegal feodalisme alias menghindari sesuka hati mengatur dan memainkan kekuasaan. Walau lagi-lagi hal ini dikembalikan pada person atau sosok tokoh yang memimpin sebuah negara demokrasi tersebut termasuk Indonesia.

Bisa disajikan dengan berimbang bahwa mengejar dan memahami arti penting pendidikan politik. Sama pentingnya dengan pertarungan politik itu sendiri.

Untuk kalian yang peduli dan menikmati tulisan ini lalu berkenan memberikan tip buat penulis, caranya? Silahkan klik laman berikut: tip dan jajan penulis , terimakasih:)